REVIEW Wardah Lightening Liquid Foundation: Sebagus Apa Ya?

Sebagai pemilik kulit berminyak, aku sangat menghindari foundation dengan dewy finish. Kalau pakai itu yang ada mukaku bakalan kayak ladang minyak setelah beberapa jam pemakaian haha. Makanya, kalau ngeliat foundation ada embel embel matte finish langsung tertarik buat coba. Produk yang baru aku coba adalah Wardah Lightening Liquid Foundation.



Ingredients:

Aqua, Cyclopentasiloxane, Dimethicone, Propanediol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Phenyl Trimethicone, Niacinamide, Polymethyl Methacrylate, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Trehalose, PEG/PPG-18/18 Dimethicone, Magnesium Sulfate, Divinyldimethicone/Dimethicone Crosspolymer, Phenoxyethanol, Polyhydroxystearic Acid, Polymethyl Silsesquioxane, Silica, Sorbitan Olivate, Tocopheryl Acetate, Aluminum Hydroxide, Hydrogem Dimethicone, Allantoin, Zinc Gloconate, Ethylhexylglycerin, Methicone, Disodium EDTA


Setelah Wardah sukses dengan produk rangkaian “Wardah Lightening Series” berupa compact powder dan loose powder, baru baru ini Wardah mengeluarkan foundation dan concealer untuk make up series ini, dan aku kepo berat sama foundation-nya karena katanya sudah terkandung SPF, matte finish dan tahan hingga 12 Jam. Bener sebagus itukah? Yuk simak!


Yang menggemparkan dari foundation ini adalah klaimnya. Apa aja sih emangnya? Penasaran kan? Nah ini nih.

  1. Natural Matte Finish
  2. Micronized Bright Pigment, mencerahkan sekaligus menjadikan kulit terlihat lebih halus
  3. Mampu bertahan hingga 12 jam + cerah tahan lama
  4. Oil absorber untuk menyerap minyak secara optimal
Selain klaimnya, kandungan yang ada didalamnya juga gak kalah menarik karena non comedogenic dan sudah ada SPF 30 PA++ serta kandungan vitamin E. Jadi, tujuan Wardah adalah ingin pemakainya bisa dapet matte finish tanpa membuat kulit kering dan produk ini tidak akan menyumbat pori-pori yang menimbulkan jerawat.

Baca Juga: Review Emina Bare With Me Mineral Mild Foundation: Rekomendasi Foundation Untuk Daily dan Cocok Untuk Remaja


PACKAGING

Foundation ini cukup berbeda dengan foundation Wardah lain, karena dibungkus dengan kertas karton + plastik yang tertulis lengkap tentang keterangan shade, ingredients, klaim foundation, cara pakai, BPOM dan expired date. Kemasannya berbentuk tube mini 25 ml dengan tutup yang diputar, tidak ada yang spesial dari kemasannya. Hanya setiap shade memiliki warna tube yang berbeda beda mengikuti warna foundation-nya. 


Saat tutup tube dibuka pun tidak ada seal pengaman, jadi perlu hati hati.


SHADE

Foundation rangkaian Lightening Make Up Series ini memiliki 4 shade dan menurutku keempat shade-nya punya warna yang sesuai dengan keberagaman warna kulit orang Indonesia. 


Aku sendiri pilih warna 02 Beige, warna ini cocok untuk kulit kuning langsat - sawo matang. Pas aku tuang foundie ke tangan, jujur aku kaget karena warnanya agak gelap.. tapi anehnya pas udah blend di wajah, warna nya gak segelap itu. Warnanya  malah match banget sama kulitku.


NOTE: Warna foto dapat berbeda dengan warna asli tergantung pencahayaan


Tanpa Flash (shade 02 Beige)


Dengan Flash (shade 02 Beige)


TEKSTUR DAN SCENT

Foundie ini cair dan teksturnya light. Kalau dilihat dari tekstur emang ringan dan cocok buat dipakai sehari-hari. Foundie ini tidak ada wangi-wangian yang aneh.


HASIL PEMAKAIAN

Aku pakai foundation ini menggunakan puff cushion, cara pakainya di tap tap aja sampai rata. Foundie ini gampang di blend, nge-set nya lumayan cepet dan medium coverage! Surprisingly, walaupun teksturnya light dan pemakaiannya cuma satu layer, coverage nya ga main main.. Noda noda bekas jerawat dan bintik hitam bisa tertutup. Terus karena lingkaran bawah mataku gak terlalu hitam, itu bisa teratasi dengan foundie ini.


Kalau bisa menyamarkan jerawat atau engga, aku kurang tau karena kondisi kulitku pas coba foundation ini lagi tidak berjerawat hehehe sorry ya :D


WEAR TEST: Natural Matte Finish

Aku suka bangeeeet sama finish look-nya! Muka keliatan bagus mulus tapi dengan hasil yang natural. Serius deh rasanya kayak ga pakai foundation dan bener bener kerasa ringan di wajah. Jadi seakan-akan emang kulit asli kita yang mulus.


Untuk klaim “natural” nya APPROVED. Tapi untuk klaim “matte” nya sih aku bilang NO, malah hasilnya lebih ke sheer finish atau satin finish. Setelah ditimpa bedak pun finish-nya gak begitu matte


WEAR TEST: Micronized Bright Pigment

Untuk klaim “mencerahkan” aku bilang NO, karena foundie ini lebih ke meratakan warna kulit. Tapi kalau klaim “menjadikan kulit lebih halus” APPROVED! Foundie ini juga ngasih efek glowing kayak kulit orang orang korea gitu haha. Pori pori juga lumayan terasamarkan.


WEAR TEST: Mampu bertahan hingga 12 jam + cerah tahan lama + oil absorber

Menurutku foundie ini tidak benar benar menyerap minyak secara optimal seperti klaimnya. Setelah empat jam pemakaian udah mulai muncul minyak di bagian hidung. Pendapatku: oil absorbernya ada di nilai 7/10!


Nah ini dia hasilnya selama 12 jam pemakaian! Ohiya ini gak aku pakein primer ataupun setting spray ya.. dan no touch up.



*Setelah 4 jam pemakaian

Foundie masih smooth, masih nempel, coveragenya juga masih sama seperti hasil awal, cuma seperti yang aku bilang tadi kalau minyak di hidung udah keliatan.


*Setelah 8 jam pemakaian

Foundie udah gak begitu smooth tapi masih nempel, kecuali dibagian yang berminyak, itu udah agak geser dan ilang ilang dikit. Paling keliatan kalau foundie nya geser itu dibagian hidung deket inner corner. Kilap minyak bukan cuma di hidung aja, tapi di jidat juga udah muncul. Coveragenya juga sudah berkurang


*Setelah 12 jam pemakaian

Foundie masih stay dimuka, kesan smooth nya tetep ada walaupun dikit, tapi semua muka udah penuh minyak. Permukaan pori pori juga udah keliatan..


*hasil foto setelah pemakaian foundation selama 12 jam (hanya dengan penerangan lampu kamar)

Overall, aku suka sama foundation ini. Menurutku Wardah Lightening Liquid Foundation worth to buy dan affordable! Jujur sih gak nyangka finishnya sebagus itu walaupun oil control nya tidak sesuai ekspektasi. Warna foundie juga bener bener cerah tahan lama, aku gak ngerasa foundienya oxidize.  Dari segi ketahanan emang foundie ini cocoknya untuk dipakai sehari-hari dan lebih cocok dipakai kalau kamu lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan! Yuk buruan beli dan coba karena cepet banget lho sold out nya!


OVERALL RATING: 8/10

Price:

 Rp 49.000


Where to Buy: 

Shopee - @wardahofficial 

Tokopedia - @Wardah Official

Lazada - @Wardah


Baca Juga: REVIEW Wardah Lightening Liquid Concealer: Apakah Sebagus Foundation nya?


Apa kalian tertarik juga dengan foundation ini? Atau malah udah ada yang repeat buying? Share yuk :) 


Semoga bermanfaat untuk kalian yang lagi cari referensi foundation sehari-hari atau kalian yang lagi mantepin hati jadi beli foundation ini atau gak! Haha, thank you for reading :) 

6 Comments

  1. Ini murah, coverage bagus dan ringan, tapi pilihan shadenya pelit banget :( Di aku kelihatan abu-abu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. Wah sayang banget yaa :( semoga next Wardah ngeluarin shade yang baru untuk series ini!! :D

      Delete
  2. Foundation nya Wardah yang ini kyknya banyak yang suka, nih. Aku jadi pengen juga nyobain, apalagi harganya terjangkau banget.😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukk coba jugaa!! beneran baguss banget finish look nya hihi padahal dari dulu aku ga pernah cocok sama foundation Wardah entah kenapa gampang meleleh dimuka ku, tapi formula Wardah yang series ini nempel banget dimuka aku:')

      Delete
  3. bagus banget sih hasilnyaaa. flawless gituu. buat daily oke nih ya kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sebagus itu finishnya.. yes bener banget buat daily. Tapi saranku kalau mau pake foundie ini kalau kita beraktivitasnya banyak di indoor kayak buat ke kantor atau nge mall😍

      Delete