TIPS Make Up Awet Tahan Lama: Penggunaan Base Make Up dan Foundation


Sebagai seorang wanita sering kali dibilang manusia paling ribet sedunia! Terlebih kalau ingin berpergian. Bukan pakaian saja yang dipilihnya seabad, tapi juga riasan wajah. Sebagai seorang wanita dasarnya sudah dianugerahi wajah yang cantik. Nah, polesan make up ini digunakan untuk mempertajam kecantikan kita. 

Kadang suka sebel gak sih, hasil make up udah bagus banget tapi gak awet di muka. Baru 5 jam sudah berminyak, crack, muncul smile line, dan masalah lainnya. Beberapa dari kita suka gak sadar kalau pengaplikasian Base Make Up dan Foundation penting banget. Kalau kedua komponen itu salah penggunaannya, bisa mempengaruhi hasil make up loh..

Banyak juga yang salah dan beranggapan kalau base make up adalah foundation. That's not true, ya! Base make up adalah dasar make up sebagai penghalang antara kulit dengan make up, dalam artian base make up digunakan sebelum foundation. Base make up ini berpengaruh lho pada hasil akhir dan ketahanan make up. Berikut tips pengaplikasian base make up sampai ke pengaplikasian foundation:

1. Bersihkan wajah dengan cleansing water terlebih dahulu. Tunggu sampai kering.

2. Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.
Gunakan pelembab secukupnya dengan jari tangan dan lakukan gerakan memutar saat pengaplikasian. Gunakan pelembab sampai ke area leher dan usahakan menggunakan pelembab yang terasa ringan. Setelah itu, jangan pernah langsung menggunakan make up pada wajah setelah pemakaian pelembab. Tunggu beberapa saat hingga pelembab benar-benar meresap pada kulit kira-kira 10 – 15 menit.                                                                          
Kalau langsung mengaplikasikan make up, maka akan membuat make up akan sulit menempel pada kulit dan malah akan memberikan dampak paparan bahan kimia lebih besar dan berbahaya.

3. Gunakan base make up berupa primer
Untuk membuat make up tahan lama, pengaplikasian primer sangat penting. Gunakan primer sesuai kebutuhan kulit kalian.                                                                                                     
a.  Untuk menahan minyak - rekomendasi produk: Make Up For Ever Step 1 Skin Equalizer Mattifying(warna abu-abu kehitaman), Monistat, Inisfree No Sebum Blur Primer 

  

Make Up For Ever

b.  Untuk kulit kering – rekomendasi produk: Ultima II Delicate Undermakeup (warna hijau),  Glossier Priming Moisturizer, Make Over Hydrating Serum  

Ultima II Delicate Under Make Up 
c.    Untuk menutupi pori-pori – rekomendasi produk: Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser Primer, Benefit the POREfessional.                                                   

                
    
4. Sebelum pengaplikasian foundation, perlu diingat tunggu primer kering dan meresap ke dalam kulit! Tips menggunakan foundation:                                                                  
a. Pilihlah warna yang sesuai dengan warna kulit wajah atau satu-dua tingkat warna yang lebih cerah (karena terkadang foundation mengalami oksidasi sehingga setelah foundation berinteraksi dengan suhu tubuh maka warna foundation akan turun satu tone lebih gelap). Kalau pemilihan warna salah, wajahmu bisa abu-abu loh. So, pilih dengan cermat ya!
b. Jangan gunakan foundation terlalu banyak!!!! Hal ini bisa membuat make up terlihat sangat dempul dan malah cepat crack. Apalagi kalau wajah kalian berjerawat, pengaplikasian foundation yang terlalu banyak malah membuat jerawatmu semakin terlihat loh. Untuk itu, aplikasikan tipis-tipis terlebih dahulu dan ratakan. Setelah itu, baru kalian build up.
c. Untuk hasil make up yang flawless, gunakan spons lembab (yang sudah dibasahkan terlebih dahulu) untuk mengaplikasikannya. Perlu diingat, bahwa saat mengaplikasikan menggunakan sponge, jangan diseret pada wajah. Aplikasikan dengan di tap-tap secara perlahan hingga merata

Boleh saja kalian pengaplikasian awalnya menggunakan brush,tapi agar hasil make up 
lebih baik, setelah itu tetap perlu diratakan (di tap-tap) menggunakan spons lembab ya!

Sebenarnya masih banyak sekali tips-tips pengaplikasian base make up dan foundation, tapi kalau aku share disini akan panjang banget kayak novel. Jadi, yuk kita sharing-sharing tips penggunaan base make up dan foundation di kolom komentar ini!! Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat buat kalian. See ya....

0 Comments