Review Innisfree Jeju Volcanic Blackhead Out Balm: Pembersih Komedo, Apakah Ampuh?


Salah satu masalah di area wajah yang banyak menjadi perhatian itu.. komedo. Walaupun gak terlalu nampak tapi tetep aja ganggu penampilan. Tapi apa sebenarnya komedo itu? Komedo itu suatu permasalahan yang muncul di pori-pori kulit dan biasanya terbentuk karena tersumbat oleh sel kulit mati dan sebum. Paparan bahan kimia pada produk kosmetik seperti isopropyl myristate atau propylene glycol juga  bisa memicu timbulnya komedo.* Ada komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead).

Salah satu produk yang katanya bisa membantu mengatasi komedo adalah Innisfree Jeju Volcanic Blackhead Out Balm. Sebenernya aku udah lama banget punya produk ini, tapi aku pikir-pikir kayanya ga masalah deh kalau aku baru post sekarang. Kali aja masih ada yang butuh informasi tentang produk ini.

Ingredients: 
MINERAL OIL, PEG-20 GLYCERYL TRIISOSTEARATE, POLYETHYLENE, POLYGLYCERYL-6 POLYRICINOLEATE, TOCOPHERYL ACETATE, CITRUS UNSHIU PEEL EXTRACT, ORCHID EXTRACT, CAMELLIA SINENSIS LEAF EXTRACT, CAMELLIA JAPONICA LEAF EXTRACT, OPUNTIA COCCINELLIFERA FRUIT EXTRACT, CAPRYLYL GLYCOL, GLYCERYL CAPRYLATE, VOLCANIC ASH, SILICA, FRAGRANCE, PHENOXYETHANOL 


SEKILAS JEJU VOLCANIC BLACKHEAD OUT BALM
Jeju Volcanic Blackhead Out Balm adalah salah satu rangkaian dari Jeju Volcanic Innisfree, dengan kandungan spesial jeju volcanic ash. Produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Manfaat/klaim dari produk ini:
  • Membersihkan komedo
  • Memerikan efek segar dan lembut pada kulit
  • Mampu menyerap minyak

PACKAGING 
Produk ini dikemas di jar bulat diameter kira-kira 6 cmkemasannya cukup kecil dan simple. Isinya ada 30 gram. Sangat disayangkan jar ini tidak double protection, jadi pas tutupnya dibuka bakal langsung terlihat produknya. Selain itu, juga tidak ada spatula khusus untuk mengambil produk.


FYI, produk ini sebenarnya akan lebih maksimal pengaplikasiannya pakai finger tip, bentuknya kayak gini. Tapi harus beli terpisah dan merogoh kantong lagi hehe.

TEKSTUR DAN SCENT
Seperti namanya, tekstur ini bentuknya balm, literally mirip balsam. Kalau diliat dari dalam jar nya, bentuk balm nya cukup padat tapi tidak keras. Tapi kalau udah diambil pakai tangan, dia kayak langsung melting gitu. Dia ada sedikit aroma, tapi aku gak ngerti itu baunya apa.. mirip mirip bau herbal sih kayaknya (??)



CARA PENGAPLIKASIAN
Sebelum pengaplikasian, bersihin wajah dulu dengan cleansing water. Setelah itu lap pakai tisu kering. Kalau aku pribadi, begini step by step nya setelah pakai cleansing water:
  1. Kompres dulu area wajah yang ada komedonya (whitehead dan blackhead) dengan air hangat selama kurang lebih 3 menit.
  2. Ambil produknya sebesar biji kacang, kemudian oles secara merata di area komedo
  3. Diamkan selama kurang lebih 2 menit
  4. Kemudian gosok-gosokan area yang sudah di oleskan Jeju Volcanic Bleakheaad Out Balm dengan finger tip dengan gerakan memutar.
  5. Setelah itu bilas menggunakan sabun cuci muka
MY IMPRESSION
Walaupun bentuknya balm padat, pas aku ngambil produk pakai jari cukup mudah karena balm nya lembut. Pas di gosok gosok ke hidung dan bagian bawah bibir, rasanya seperti licin ada minyak-minyaknya gitu tapi ga lengket kok. Dan ada sensasi hangatnya sedikit.

Hasilnya di kulitku produk ini hanya mampu menghilangkan komedo yang ada di lapisan luar kulit, jadi kalau komedo yang ada di dalam pori itu gak ilang sama sekali. Produk ini juga tidak efektif menghilangkan blackhead. Menurutku, untuk menghilangkan komedo secara lebih tuntas, tetep perlu dibantu dengan produk/cara lain. Misalnya rajin cuci muka, pakai peel off mask dan pakai exfoliating toner.

Walaupun klaim angkat komedonya kurang memenuhi ekspektasi aku, tapi aku suka dengan kelembapan dan kelembutan kulit yang aku rasakan setelah pakai produk ini.

OVERALL RATING: 6/10

Price: 
Rp 75.000

Where To Buy: 
Store Innisfree, Althea, Shopee, Tokopedia


Referensi:

3 Comments

  1. Eh dulu aku pake ini, tapi bodohnya beli pas belum paham gimana pake cleansing balm xD Jadi dulu pake ini setelah cuci muka wakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkwkwk aku awal awal pake juga gitu karena ga ngerti pakenya. Akhirnya liat video review vlogger diyoutube 😅

      Delete
  2. yah sayang banget ya buat blackhead sama komedo di lapisan dalam kulit belum bisa, tapi buat bersihin sekedar nya gapapa sih, daripada nggak dibersihin sama sekali kan

    ReplyDelete